Aplikasi Zoom Tidak Aman ? (Part 3)

Aplikasi Zoom Tidak Aman ? (Part 3)

Melanjutkan dua seri artikel sebelumnya.. langsung saja ke intinya, jadi apa sih yang harus kita lakukan saat terjadi kegaduhan dalam zoom meeting? tentunya mencegah lebih bauik daripada menaggulangi ya.. dan berikut beberapa tips yang bisa dilakukan kalau sudah terlanjur ada di dalam situasi yang gaduh.

1. Pastikan host, memiliki peran aktif untuk melihat daftar partisipan. 
2. Jangan sungkan untuk menanyakan secara langsung baik lewat chat ataupun meminta untuk menghidupkan camera, kepada partisipan yang terlihat aneh. Kebanyakan disini kelemahan host, padahal tidak mengapa kan meminta untuk menyalakan kamera.
3. Bisa di perhatikan di dalam list peserta atau partisipan, ada hal yang aneh. Semisal ada partisipan yang tidak memiliki icon mic, atau chat sudah dimatikan tetapi chat masih bisa dipakai dsb
4. Hubungi partisipan tsb, melalui belakang layar, bisa lewat telepon, WA dsb. Untuk memastikan bahwa peserta tsb memang berada dalam area meeting zoom.
5. Jika kebetulan perserta tsb tidak merasa ada di zoom, tetapi ada nama partisipan tsb, maka minta partisipan tsb untuk open camera. 
6. Jika tidak mau, alihkan ke waiting room saja, hehe,, jadi ingat waktu sekolah kalau ada murid yang usil dan gaduh, di suruh berdiri di depan sambil angkat kaki.. hahaha.. kalau sekarang ada yang seperti itu, besok nya kemungkinan bisa di mutasi itu guru,, haha... maaf sekedar kelakar saja..
7. Langkah terkahir, agak sedikit kasar sih, di kick saja dari room. Resiko nya kalau itu beneran peserta tingal suruh masuk lagi dan minta maaf sebelumnya karena ada kendala teknis.
8. Lakukan pola yang sama terhadap partisipan lain yang mencurigakan

Oke sekian dulu coretan-coretan dari saja, barangkali bisa sedikit memberikan gambaran dalam setiap permasalahan. Tidak ada yang aman di dunia maya, namun setidaknya sekejam kejam nya dunua maya, masih bisa dibedakan mana kawan dan mana lawan, kalau di dunia nyata...????? hahaha... susah bro...
yang terakhir, sedikit kutipan ayat al insyiroh ayat ke 5-6 surah ke 94 dalam Al Qur'an yang merupakan huda linnas petunjuk bagi setiap manusia tanpa terkecuali, fa inna ma a al usri yusroo, inna ma a al usri yusroo. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu kemudahan, Sesungguhnya bersama kesulitan itu kemudahan" menggunakan fa.. fa inna... yang dapat dimaknai dengan sangat cepat, ibarat kata sebelum kesulitan itu selesai, itu sudah ada kemudahan, dua kali disampaikan dengan kalimat yang sama, dan dengan penekanan taukid, inna. artinya sungguh, tidak hanya sekedar sungguh, namun sungguh benar-benar. Kalaulah angka pasti itu 100%, maka ini sudah pasti yakin seyakin yakin nya 100% informasinya. Maka jangan khawatir dan mudah menyerah dalam setiap kesulitan. Mengeluh adalah hal wajar, karena kita manusia memang tercipta mengeluh, QS 70 ayat 19. Al Maarij 19.

Betapa Allah sudah menyiapkan sebuah jawaban bagi setiap kesulitan bukan hanya untuk umat Islam saja, melainkan seluruh umat manusia. karena Al Qur'an itu petunjuk bukan hanya untuk umat Islam saja, melainkan bagi manusia semuanya, apapun suku dan etnisnya. 

Semoga bermanfaat, keselamatan dan rahmat untuk kita semua.

Aplikasi Zoom Tidak Aman ? (Part 2)

Aplikasi Zoom Tidak Aman ? (Part 2)

Oke kita lanjutkan cerita kita mengenai zoom kali ini. Berjalannya waktu, ada pola sewa menyewa, ada pola ketergantungan disitu, ada pola bisnis di internet, memunculkan juga pola usil kreatif yang unfaedah. Yang sering di konotasikan dengan hacker, penyusup dan lain-lain dalam acara yang memakai aplikasi zoom. Kok bisa...? 

Iya intinya seperti ini, ada kegiatan yang melibatkan lebih dari ratusan peserta, memungkinkan panita penyelenggara tidak tau siapa saja partisipannya. Layaknya sebuah kelakar dulu sewaktu masih kuliah, yok kita cari makan gratis, tinggal pakai baju batik, terus datang ke sebuah acara kondangan, kasih amplop kosong, salaman sama pengantin, makan deh sepuasnya, sambil lihat biduan.. hahaha...

Bercanda ya sob.. jadi kalau sekarang itu ada fenomena seperti ini. Acara besar, resmi melibatkan tamu undangan penting pakai jas dll. Kemudian ada yang iseng dengan menyamar sebagai partisipan, ya admin jelas gak tau dong, kan ratusan partisipan. Kita gak akan bahas soal bagaimana mereka bisa masuk dan lolos dari admin atau yang dikenal dengan host. Mohon maaf namanya juga tamu gak di undang ya, kalau mau datang ya gapapa lah, anteng duduk situ diem, dengerin ilmu, kajian atau tausyiah nya, jangan bikin onar dengan mencorat coret  lah, berisik lah dll. sekali lagi saya pribadi menghimbau, mohon untuk bisa tenang, duduk dan ikuti saja acara nya, insyaaAllah bermanfaat kok.